Berikut Latihan soal post test Modul KK I Profesional
PENGEMBANGAN MATERI AJAR
SEKOLAH DASAR
1. Setiap mata pelajaran
memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dari mata pelajaran lainnya. Perbedaan ini menjadi pertimbangan penting dalam mengembangkan....
A. Tujuan
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kompetensi Inti
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kompetensi Inti
2. Penetapan pendekatan kompetensi
yang didahului dengan mengidentifikasi apa
yang hendak dibentuk, dibangun, dan diberdayakan dalam diri peserta didik
sebagai jaminan yang akan mereka capai setelah menyelesaikan pendidikannya
pada satuan pendidikan tertentu disebut ...
A. Indikator Pembelajaran
B. Tujuan Pembelajaran
C. Struktur Program Terstandard
D. Standar Kompetensi Lulusan
yang hendak dibentuk, dibangun, dan diberdayakan dalam diri peserta didik
sebagai jaminan yang akan mereka capai setelah menyelesaikan pendidikannya
pada satuan pendidikan tertentu disebut ...
A. Indikator Pembelajaran
B. Tujuan Pembelajaran
C. Struktur Program Terstandard
D. Standar Kompetensi Lulusan
3. Dari pernyataan dibawah ini
manakah yang merupakan karakteristik mata pelajaran PKn yang di integrasikan
dalam Tematik Terpadu...
A. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
B. Penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial,
C. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
D. Dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis
A. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
B. Penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial,
C. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
D. Dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis
4. Berikut adalah Kompetensi
Lulusan Berdasarkan Elemen-Elemen yang Harus
Dicapai dalam proses Belajar pada ranah Keterampilan adalah ...
A. Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar +
Mencipta
B. Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
C. Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisis +
Mengevaluasi
D. Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisis + Menghargai
Dicapai dalam proses Belajar pada ranah Keterampilan adalah ...
A. Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar +
Mencipta
B. Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan
C. Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisis +
Mengevaluasi
D. Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisis + Menghargai
5. Rumusan yang dikembangkan
dengan memperhatikan karakteristik peserta
didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran disebut dengan...
A. Tujuan Pembelajaran
B. Kompetensui Dasar
C. Kompetensi inti
D. Indikator
didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran disebut dengan...
A. Tujuan Pembelajaran
B. Kompetensui Dasar
C. Kompetensi inti
D. Indikator
6. Di
bawah ini karakteristik PPKN di Sekolah Dasar, kecuali.....
A. Penghargaan
terhadap hak asasi manusia
B. Kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari
C. Diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi
D. Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten
B. Kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari
C. Diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi
D. Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten
7. Yang bukan cakupan materi
matematika di SD adalah .....
A. geometri
B. Persamaan linear dan tidak linear
C. pecahan
D. Statistika sederhana
B. Persamaan linear dan tidak linear
C. pecahan
D. Statistika sederhana
8. Salah satu karakteristik Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar adalah....
A. penekanan
pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat)
B. kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari
C. diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi
D. dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat
B. kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari
C. diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi
D. dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat
9. Pengetahuan, ketrampilan,
nilai dan sikap yang dikembangkan dari masyarakat dan disiplin ilmu sosial,
merupakan ruang lingkup mata pelajaran....
A. PPKN
B. SBDP
C. IPA
D. IPS
B. SBDP
C. IPA
D. IPS
10. Tingkat kemampuan untuk
mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta
didik SD/MI pada setiap tingkat kelas disebut....
A. Kompetensi
dasar
B. Kompetensi lulusan
C. Kompetensi inti
D. Standar kompetensi
B. Kompetensi lulusan
C. Kompetensi inti
D. Standar kompetensi
11. Kompetensi
(KI-2) merupakan notasi untuk ....
A. Sikap sosial
B. Sikap spiritual
C. pengetahuan
D.keterampilan
B. Sikap spiritual
C. pengetahuan
D.keterampilan
12. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya merupakan kompetensi inti untuk....
A. KI-4
B. KI-1
C.KI-3
D.KI-2
B. KI-1
C.KI-3
D.KI-2
13. Di
bawah ini yang merupakan fungsi dari indikator, kecuali....
A. Pedoman dalam
mengembangkan materi pembelajaran.
B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
C. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar
D. Pedoman dalam mengembangkan kurikulum
B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
C. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar
D. Pedoman dalam mengembangkan kurikulum
14. Salah
satu kata kerja operasional ranah pengetahuan adalah....
A. Mengoreksi.
B. Mengubah
C. Mengidentifikasi
D. memanipulasi
B. Mengubah
C. Mengidentifikasi
D. memanipulasi
15. Kata
kerja operasional untuk ranah sikap, kecuali....
A. mendengarkan
B. menampilkan
C. menjawab
D. merangkum
B. menampilkan
C. menjawab
D. merangkum
16. Kualifikasi kemampuan lulusan
yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi
pengembangan kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan
nasional disebut....
nasional disebut....
A. kompetensi
lulusan
B. kompeteni inti
C. kompetensi dasar
D. Standar kompetensi
B. kompeteni inti
C. kompetensi dasar
D. Standar kompetensi
17. Muatan seni budaya dan
keterampilan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu
sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Hal tersbut merupakan amanat Peraturan
Pemerintah No....
A. 17 Tahun 2005
B. 18 Tahun 2005
C. 19 Tahun 2005
D. 20 Tahun 2005
B. 18 Tahun 2005
C. 19 Tahun 2005
D. 20 Tahun 2005
18. Pendidikan Seni Budaya dan
Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan
kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada
pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan
berapresiasi melalui pendekatan....
A.belajar dengan
seni, belajar melalui seni, dan belajar tentang seni
B. hidup dengan
seni, gembira melalui seni, dan berekpresi dengan seni
C. seni
tari, seni musik, dan seni rupa
D. menikmati,
menghayati, dan meresapi seni
19. Pengembangan kemampuan
mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti
bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya merupakan sifat dari
pendidikan SBDP yaitu....
A. multietnis
B. multikultural
C. multidimensional
D. Multilingual
20. Yang
bukan tujuan dari mata pelajaran SBDP adalah ....
A. Memahami
konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
B. Melestarikan adat
dan budaya bangsa
C. Menampilkan
kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
D. Menampilkan peran serta
dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
KUNCI JAWABAN KLIK DISINI
Klik juga artikel lainnya:
Baca juga: LATIHAN POST TEST KELAS BAWAH KK A PLUS ONLINE
Baca juga: LATIHAN ONLINE PKB MODUL B BAGIAN KE-2
Baca juga: Download Latihan Post Test PKB KKA Profesional
Baca juga: DOWNLOAD PROTA REVISI KELAS 5 SD
Baca juga: Download Contoh RPP REVISI 2017
Baca juga : DOWNLOAD RPP KELAS 5 SD/MI REVISI 2017
Baca juga: CEK NUPTK
KUNCI JAWABAN KLIK DISINI
Klik juga artikel lainnya:
Baca juga: LATIHAN POST TEST KELAS BAWAH KK A PLUS ONLINE
Baca juga: LATIHAN ONLINE PKB MODUL B BAGIAN KE-2
Baca juga: Download Latihan Post Test PKB KKA Profesional
Baca juga: DOWNLOAD PROTA REVISI KELAS 5 SD
Baca juga: Download Contoh RPP REVISI 2017
Baca juga : DOWNLOAD RPP KELAS 5 SD/MI REVISI 2017
Baca juga: CEK NUPTK
No comments:
Post a Comment