Berikut saya sajikan 100 SOAL Latihan Post Test Kelas Awal Modul KK A dan KK B COBA TES ONLINENYA KLIK DISINI
1. Untuk membantu peserta didik
mencapai target pembelajaran, pada umumnya
guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian
materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah dahulu kemudian soal
yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip
atau hukum perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi akhirnya integrasi
guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian
materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah dahulu kemudian soal
yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip
atau hukum perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi akhirnya integrasi
2.
Anak usia sekolah dasar berada pada tahap perekembangan kognitif
operasional
konkret. Menurut teori Piaget , salah satu kemampuan anak yang penting pada
tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang terpanjang ke yang
terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk kemampuan...
A. konservasi
B. klasifikasi
C. akomodasi
D. Asimilasi
konkret. Menurut teori Piaget , salah satu kemampuan anak yang penting pada
tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang terpanjang ke yang
terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk kemampuan...
A. konservasi
B. klasifikasi
C. akomodasi
D. Asimilasi
3.
Bu Suci sedang melakukan identifikasi masalah kesulitan belajar
beberapa
peserta didik yang menjadi siswa asuhnya. Untuk mengidentifikasi karakteristik
atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar, maka yang harus
Ibu Suci lakukan adalah ...
A. membandingkan prestasi belajar dengan
B. membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
C. menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik
D. mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar
peserta didik yang menjadi siswa asuhnya. Untuk mengidentifikasi karakteristik
atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar, maka yang harus
Ibu Suci lakukan adalah ...
A. membandingkan prestasi belajar dengan
B. membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
C. menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik
D. mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar
4.
Giska termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir
pada semua
bidang studi di atas KKM, namun Gina sering mendapat nilai di bawah KKM
pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis.
Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga
disebabkan oleh...
A. kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
B. tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
C. sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
D. kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa
bidang studi di atas KKM, namun Gina sering mendapat nilai di bawah KKM
pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis.
Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga
disebabkan oleh...
A. kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
B. tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
C. sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
D. kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa
5.
Pak Sugih akan mengembangkan kreativitas dengan meningkatkan
kemampuan berpikir divergen . Beliau memberikan sebuah masalah “apa yang akan
kamu lakukan kalau minyak bumi sudah tidak ada lagi di muka bumi ” Peserta
didik diminta menuliskan beberapa alternatif jawaban. Yang harus menjadi fokus
perhatian Pak Sugih adalah...
A. banyaknya alternatif jawaban
B. jawaban yang paling berkualitas
C. jawaban yang paling tepat
D. jawaban yang paling ilmiah
A. banyaknya alternatif jawaban
B. jawaban yang paling berkualitas
C. jawaban yang paling tepat
D. jawaban yang paling ilmiah
6.
Bu Emma memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi siswanya
.
Pada saat menemukan siswa yang prestasinya lebih rendah dari tingkat
kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan
guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
A. memberikan tugas berupa latihan soal dan rangkuman
B. memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
C. meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
D. disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan
Pada saat menemukan siswa yang prestasinya lebih rendah dari tingkat
kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan
guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
A. memberikan tugas berupa latihan soal dan rangkuman
B. memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
C. meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
D. disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan
7.
Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral.
Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa hukuman dan
hadiah.. Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg penalaran moral
individu tersebut berada pada tingkat...
A. konvensional
B. prakonvensional
C. pascakonvensiona;
D. Praoperasional
A. konvensional
B. prakonvensional
C. pascakonvensiona;
D. Praoperasional
8.
Haris menunjukkan gejala-gejala perilaku yang cepat marah, mudah
tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh
teman-temannya. Dalam hubungan sosial dengan teman-temannya Haris
cenderung menjadi anak yang...
A. ditolak
B. diabaikan
C. kontroversi
D. Dijauhi
tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh
teman-temannya. Dalam hubungan sosial dengan teman-temannya Haris
cenderung menjadi anak yang...
A. ditolak
B. diabaikan
C. kontroversi
D. Dijauhi
9.
Ketika mendapat berita bahwa di desa tetangga terjadi bencana alam
tanah
longsor, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Wardah merasa prihatin
dan memiliki ide menggalang dana untuk korban bencana alam. Ide Wrdah di
terima dan ditindaklanjuti oleh pihak sekolah. Sikap prososial Wardah
mencerminkan aspek kecerdasan emosi yaitu...
A. simpati
B. empati
C. identifikasi
D. Sosialisasi
longsor, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Wardah merasa prihatin
dan memiliki ide menggalang dana untuk korban bencana alam. Ide Wrdah di
terima dan ditindaklanjuti oleh pihak sekolah. Sikap prososial Wardah
mencerminkan aspek kecerdasan emosi yaitu...
A. simpati
B. empati
C. identifikasi
D. Sosialisasi
10.
Pemahaman mengenai Tuhan pada masa usia sekolah dasar harus
dijelaskan
secara rasional yang dikaitkan dengan pengalaman kehidupannya sehari-hari
dan contoh-contoh konkret yang bersumber pada indikator alam semesta
sebagai perwujudan dari keberadaan dan keagungan-Nya. Hal ini karena bahwa
perkembangan penghayatan keagamaan seiring dengan tahapan
perkembangan...
A. afektif
B. emosi
C. konatif
D. Kognitif
secara rasional yang dikaitkan dengan pengalaman kehidupannya sehari-hari
dan contoh-contoh konkret yang bersumber pada indikator alam semesta
sebagai perwujudan dari keberadaan dan keagungan-Nya. Hal ini karena bahwa
perkembangan penghayatan keagamaan seiring dengan tahapan
perkembangan...
A. afektif
B. emosi
C. konatif
D. Kognitif
11.
Menurut Desmita (2014:57) ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan
berkaitan
dengan karakteristik individual peserta didik, kecuali....
dengan karakteristik individual peserta didik, kecuali....
A. Karaketristik yang berkaitan dengan kemampuan awal atau prerequisite skills,
B. Karakteristik yang berkaitan dengan latar belakang dan status
sosio-kultural.
C. Karakteristik
yang berkaitan dengan kepribadian dari masing-masing individu
D. Karakteristik yang berkaitan dengan perbedaan-perbedaan
kepribadian
12.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman sosial
adalah....
A. Kebiasaan dan pendidikan
B. ukuran dan struktur biologis
C. pertumbuhan dan perkembangan
D. Nature
dan nurture
13.
Masa usia kelas rendah sekolah dasar pada
umumnya berkisar antara ....
A.17/18 sampai 24/25 tahun
B. 11/12 sampai 17/18 tahun
C. 9/10 tahun sampai 12/13 tahun
D. 6/7 tahun sampai 9/10 tahun
14.
Berikut sifat masa anak-anak kelas rendah
sekolah dasar menurut Yusuf(2014:24) adalah kecuali....
A. Ada hubungan positif yang tinggi antara kondisi jasmani dengan
prestasi
B. Sikap mematuhi kepada peraturan-peraturan permainan tradisional
C. Memiliki minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang
konkret.
D. Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain
15.
Sifat-sifat khas anak-anak masa poeral (Yusuf, 2014:25) adalah....
A. diarahkan untuk berkuasa dan berorientasi keluar
dirinya
B. kecenderungan memuji diri sendiri dan menbanding-bandingkan dengan
anak lain
C. menginginkan nilai yaang baik
D. sangat realistik, ingin mengetahui, dan ingin belajar
16.
Kecakapan berpikir dalam ruang tiga dimensi (pilot, nakhoda,
astronot, pelukis, arsitek, dll.) adalah....
A. intrapersonal intelligence
B. interpersonal intelligence
C. kinesthetic intelligence
D. visual-spatial intelligence
17.
Bakat yang berkaitan dengan kemampuan penguasaan ilmu, penguasaan
mata pelajaran, seperti bakat matematika, bahasa, fisika, sejarah, IPS, olah
raga, musik, menggambar dan keterampilan disebut....
A. intrapersonal aptitude
B. interpersonal aptitude
C. vocational aptitude
D. scholastic aptitude
18.
Berikut yang bukan merupakan tahapan kreativitas
menurut Wallas, adalah....
A. Persiapan meletakan dasar
B. Inkubasi
C. kontroversi
D. iluminasi
19.
Bentuk tubuh anak panjang dan langsing disebut dengan bentuk...
A.Metomorf
B.Ekstomorf
C. Mesomorf
D. Endomorf
20.
Berikut yang merupakan contoh dari keterampilan motorik halus
atau keterampilan
memanipulasi adalah....
memanipulasi adalah....
A.berjalan
B.berlari
C.menangkap bola
D.melompat
21. Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan fisik, kecuali....
A.olah raga
B.kesehatan dan
gizi
C.ketegangan
emosional
D.bentuk tubuh
22. Kemampuan anak mengenali bahwa sifat benda tertentu (padat, isi,
jumlah) tidak berubah walaupun terdapat perubahan rupa benda itu disebut dengan
istilah....
A.asimilasi
B.Klasifikasi
C.akomodasi
D.konservasi
23. Penalaran moral didasarkan pada
hukuman. Anak-anak taat karena menghindari hukuman, menaruh
hormat karena melihat sifat yang memberi aturan yang bersangkutan. Merupakan perkembangan moral pada tahap....
hormat karena melihat sifat yang memberi aturan yang bersangkutan. Merupakan perkembangan moral pada tahap....
A. Orientasi ganjaran
B. Orientasi hukuman dan ketaatan
C. Orientasi otoritas
D. Orientasi kontrak sosial
24. Kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan
kegiatan disebut,,,,
A. kecerdasan majemuk
B. kecerdasan intelegensi
C. kecerdasan spiritual
D. kecerdasan natural
25. Identifikasi kasus dalam mendiagnosis kesulitan
belajar bertujuan untuk....
A. menandai
dan menemukan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
B. menandai
dan melokalisasikan letak kesulitan belajar
C. mengetahui
kesulitan belajar pada aspek-aspek proses belajar tertentu
D. mengidentifikasi
kesulitan belajar pada bidang studi tertentu
26. Perhatikan petikan paragraf berikut.
Betul-Betul-Betul!
Ungkapan khas Upin Ipin dengan logat Melayu cukup lekat di benak anak-anak
kita. Bukan hanya itu, serial animasi Ipin Upin menapilkan keragaman suku dan
budaya Malaysia yang diwakili dengan karakter temanteman mereka, seperti
Mei-Mei (Cina), Jarjit Singh (India), Susanti (Indonesia), serta khazanah lain
masyarakatnya seperti nasi lemak dan lagu dangdut Melayu.
Dilihat dari
pokok permasalahannya petikan paragraf di atas termasuk ke dalam ragam
bahasa...
A. Penelitian
B. resmi
C. pendidikan
D. jurnalistik
27. Pada suatu pagi, setelah ibu Endah memasuki ruang kelas.
“Selamat pagi anak-anak, baiklah marilah kita mulai pelajaran hari ini,” “Ketua
kelas silakan menyiapkan,”.
Fungsi bahasa
yang dilakukan oleh bu Endah dalam kelas tersebut adalah...
A. Fungsi
kontekstual
B. Fungsi
referensial
C. Fungsi emotif
D.
Fungsi fatis
28. Pada umur empat bulan Difa sudah mengucapkan kata ma ma ma dan
da, da,da. Tahap pemerolehan bahasa yang terjadi pada Difa adalah...
A. Cooing
B. Babling
C. Holofrastis
D.
Telegrafik
29. Dengan kedudukannya sebagai bahasa pemersatu berikut ini yang
bukan menjadi fungsi bahasa Indonesia adalah ....
A. Wahana
aspirasi bangsa ke arah demokrasi
B. Sarana
komunikasi sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa
C. Wahana
komunikasi budaya asing dengan budaya Indonesia
D.
Wahana modernisasi kebudayaan
30. Zaki, berumur 8 bulan saat melihat ayahnya masuk ke dalam
mobil dia mengatakan /bil/ untuk menyatakan keinginan ikut ayahnya ke mobil.
Tahap pemerolehan lingustik yang dilalui Zaki adalah...
A. Pemerolehan
semantik
B. Pemerolehan
fonologi
C. Pemerolehan
sintaksis
D.
Pemerolehan morfologi
31. Ashar siswa kelas 3 SD dia sangat sulit mengucapkan kata
/ketuhanan/ untuk mengajarkan Ashar mengucapkannya ibu guru meminta Ashar
menirukan pengucapan kata /ketuhanan/ berkali-kali. Teori pembelajaran yang
digunakan oleh guru tersebut adalah...
A. Teori
nativisme
B. Teori
kognitifisme
C. Teori
behaviorisme
D.
Teori Interaksionisme
32. Berdasarkan KD “Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu
diskusi atau seminar”. Berikut ini materi yang tepat adalah…
A. Adab dan sopan
santun dalam berdiskusi.
B. Simulasi tata
cara berdiskusi yang baik dan benar.
C. Penjelasan
tentang diskusi dan mempertahankan pendapat.
D. Kalimat yang
digunakan memberi tanggapan dalam diskusi
33. Pahami kalimat di bawah ini!
a) Kami sedang mendengarkan
nasihak Pak Guru.
b) Kakak membeli lima pack mineral untuk acara arisan di
rumah.
Huruf yang bercetak
miring pada kalimat tersebut memiliki hubungan makna ...
A. Homonim
B. Polisemi
C. Homofon
D. Homograf
34. Pada saat guru mengajar membaca dan menulis permulaan di kelas
rendah, proses pembelajaran huruf /b/ dilafalkan [eb], huruf /d/ dilafalkan
[ed] dilafalkan dengan e pepet seperti pelafalan. /e/ dilafalkan [e] pada kata
benar, keras, pedas, lemah /g/ dilafalkan [eg] /p/ dilafalkan [ep.] Dengan
demikian. kata „nani‟ dieja menjadi: /en-a/ [na] /en-i/ [ni] dibaca [na-ni] .
Prosedur pengajaran di atas menggunakan metode…
A. Global
B. Suku kata
C. Kupas Rangkai
D. Bunyi
35. Bacalah paragraf di bawah ini!
Kerusakan alam
merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia pada era
modern ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi berita berbagai macam
bencana, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan.
Bencana alam tersebut memakan korban nyawa dan harta. Tumbuhan dan hewan tidak
berdosa pun menjadi korban. Peristiwa ini merupakan.... (Sumber:
blogspot.co.id). Kalimat yang paling tepat melengkapi paragraf di atas adalah
….
A. kerusakan alam
merupakan hal yang wajar karena proses alami.
B. akibat pola
hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan
C. tanggung jawab
pemerintah yang harus diselesaikan oleh pemerintah
D. sesuatu yang perlu
selalu didiskusikan oleh semua manusia
36. Kami melaksanakan diskusi di dalam kelas. Kalimat yang
memiliki pola yang sama dengan kalimat tersebut adalah:
A. Ibu guru
mengajar di kelas
B. Para siswa
membaca buku di perpustakaan
C. Adik sedang
berenang di Ancol
D. Ayah membaca di
teras rumah
37. Kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang
besar terhadap sesuatu merupakan salah satu faktor yang memengaruhi proses
belajar yang disebut....
A. Minat
A. Minat
B. Motivasi
C. Sikap
D. Bakat
38. Saudara-saudara yang berbahagia, kita sudah memasuki milenium
baru. Segala tantangan menghadang di depan mata. Pengaruh global di segala
bidang telah kita rasakan. Kita tidak bisa berpangku tangan menunggu keajaiban
datang dari langit. Namun, kita harus tetap siaga dengan segala kemampuan yang
kita miliki. Hal yang penting dari semua itu adalah mengantisipasi dengan ilmu
pengetahuan. …
Lanjutan rumpangan teks
pidato tersebut adalah …
A. Walaupun
pendidikan belum tentu ramah bagi setiap orang mengingat biaya untuk
menempuhnya tidak murah.
B. Kalau kita
berpangku tangan saja, kita tak dapat menghadapi tantangan yang menghadang di
depan mata.
C. Sekarang ini
kita harus berpendidikan setinggi mungkin. Kebodohan mempersulit kita
mengentaskan kemiskinan.
D. Ilmu pengetahuan
merupakan kunci keberhasilan seseorang sekaligus sebagai perisai dampak negatif
era global.
39. Dalam merencanakan suatu pembicaraan, langkah-langkah yang
harus dipenuhi adalah ...
A. Membicarakan
hal-hal yang menarik.
B.
Mengkonsultasikan pada nara sumber.
C. Mengedit
tulisan sesuai dengan kaidah.
D. Membatasi pokok
pembicaraan.
40. Di dalam pembelajaran menyimak, guru memperdengarkan wacana
pendek. Siswa diminta mencari kata-kata yang menunjukkan gagasan utama wacana
tersebut. Teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran menyimak tersebut
adalah teknik....
A. simak-ulang
ucap
B. identifikasi
kata kunci
C. identifikasi
tema wacana
D. identifikasi kalimat
topik
41. Pernyataan permintaan maaf pada akhir pidato yang baik
adalah....
A. Mohon
dimaklumi bila topik ini kurang menarik
B. Saya minta
pengertian Anda atas bicara saya yang kurang lancar
C. Bila ada
kata-kata yang kurang pantas, saya mohon maaf
D. Maafkan saya bila
tampilan saya kurang lancar dan kurang benar
42. Kalimat yang tepat berdasarkan gambar di samping adalah ...
A. Adi sedang tekun
belajar di ladang.
B. Adi belajar
menggembala kerbau.
C. Adi mengembala
kerbau di sawahnya.
D. Adi belajar sambil
mengembala kerbau.
43. Keterampilan yang dituntut dalam membaca nyaring adalah ...
A. memperhatikan kenyaringan sesuai dengan jumlah peserta.
B. memperhatikan cara berbicara sesuai dengan isi pembicaraan.
C. menguasai tanda-tanda baca
D. menguasai audiensnya.
A. memperhatikan kenyaringan sesuai dengan jumlah peserta.
B. memperhatikan cara berbicara sesuai dengan isi pembicaraan.
C. menguasai tanda-tanda baca
D. menguasai audiensnya.
44.
Jika Didi akan menuju
ke kantor Polisi, jalan yang harus dilalui adalah ....
A. Jalan Pete – Jalan
Mangga – Jalan Nangka
B. Jalan Pete- Jalan
Durian- Jalan Jeruk
C. Jalan Pete- Jalan
Durian- Jalan Sawo
D. Jalan Pete-jalan
Mangga-Jalan Jeruk
45. Pemakaian huruf dan tanda baca yang benar terdapat pada
kalimat ...
A. Wah batik yogya
sudah merambah pasar Eropa.
B. Wah batik Yogya
sudah merambah pasar eropa.
C. Wah, Batik yogya
sudah merambah pasar Eropa.
D. Wah, Batik Yogya
sudah merambah pasar Eropa.
46. Penjelasan aturan dan struktur bahasa asing dalam bahasa kita
sendiri disebut....
A.
induksi
B.
eksplikasi
C.
progresif
D.
komunikatif
47. Ciri dari pendekatan Whole
Language adalah..
A.
terpisah
B.
terikat satu sama lain
C.
utuh dan terpadu
D.
bermakna
48. Pendekatan pengolahan KBM yang berfokus pada
pelibatan secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar
adalah pendekatan....
A.
keterampilan proses
B.
konstruktivisme
C.
inqury
D.
Whole Language
49. Serangkaian ceramah pendek di depan forum dengan seorang
pemimpin disebut....
A.
kongres
B.
lokakarya
C.
simposium
D.
diskusi panel
50. Faktor-faktor penunjang keefektifan bercerita dilihat dari segi
non kebahasaan adalah....
A.
penekanan tekanan nada
B.
ketepatan penggunaan
kalimat
C.
ketepatan sasaran
pembicaraan
D.
relevansi/penalaran
51. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar
adalah ….
A. Untuk menguasai kompetensi professional
B. Untuk menguasai kompetensi pedagogis
C. Untuk mengusai kompetensi sosial
D. Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
A. Untuk menguasai kompetensi professional
B. Untuk menguasai kompetensi pedagogis
C. Untuk mengusai kompetensi sosial
D. Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
52. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan
persepsi
dan pemahaman adalah ....
A. Behaviorisme
B. Kognitivisme
C. Konstruktivisme
D. Humanisme
dan pemahaman adalah ....
A. Behaviorisme
B. Kognitivisme
C. Konstruktivisme
D. Humanisme
53. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
A. Anak akan belajar jika dibiasakan
B. Anak akan belajar jika selalu diperintah
C. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
D. Anak akan belajar jika diberikan motivasi
A. Anak akan belajar jika dibiasakan
B. Anak akan belajar jika selalu diperintah
C. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
D. Anak akan belajar jika diberikan motivasi
54. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan
manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah .…
A. membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
B. membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
C. membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
D. menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah .…
A. membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
B. membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
C. membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
D. menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
55. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan
penting
sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran
akan timbul pada siswa apabila ….
A. bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
B. bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
C. metode yang menggunakan multimedia
D. model yang dmenggunakan model-model terkini
sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran
akan timbul pada siswa apabila ….
A. bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
B. bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
C. metode yang menggunakan multimedia
D. model yang dmenggunakan model-model terkini
56. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan
yang ada
diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal
hendaknya ….
A. menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi,
B. memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
C. melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbedabeda
D. melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang
sudah menguasai bahan pelajaran
diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal
hendaknya ….
A. menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi,
B. memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
C. melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbedabeda
D. melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang
sudah menguasai bahan pelajaran
57. Ciri utama pembelajaran berdasarkan konstruktivisme diantaranya
adalah….
A. Fokus pada perkembangan dan kemampuan kognitif siswa
B. Peran guru sebagai pengajar lebih dominan dalam proses pembelajaran
C. Terjadi perpindahan ilmu pengetahuan dari guru kepada murid
D. Pembelajaran berlangsung konstektual dan mengutamakan proses
A. Fokus pada perkembangan dan kemampuan kognitif siswa
B. Peran guru sebagai pengajar lebih dominan dalam proses pembelajaran
C. Terjadi perpindahan ilmu pengetahuan dari guru kepada murid
D. Pembelajaran berlangsung konstektual dan mengutamakan proses
58. Guru harus mementingkan kegiatan pembelajaran yang menyebabkan
siswa
melakukan kegiatan eksperimen dari pada hanya sekedar demonstrasi adalah salah satu implikasi dari prinsip....
melakukan kegiatan eksperimen dari pada hanya sekedar demonstrasi adalah salah satu implikasi dari prinsip....
A. keaktifan
B. Keterlibatan langsung
C. perhatian dan motivasi
D. Pengulangan
B. Keterlibatan langsung
C. perhatian dan motivasi
D. Pengulangan
59. Seorang siswa dengan sungguh-sungguh mempelajari mata
pelajaran di sekolah karena ingin memiliki pengetahuan yang dipelajarinya adalah contoh dari....
A. minat
B. motivasi
C. motivasi instrinsik
D. motivasi ekstrinsik
B. motivasi
C. motivasi instrinsik
D. motivasi ekstrinsik
60. Di bawah ini merupakan prinsip-prinsip pembelajaran
humanistik. Kecuali....
A. Pembelajaran
hendaknya menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah
B. Pembelajaran hendaknya bertemakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar
C. Pembelajaran hendaknya menumbuhkan harga diri dan keyakinan
D. Pembelajaran hendaknya berfokus pada kebutuhan dan minat siswa
B. Pembelajaran hendaknya bertemakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar
C. Pembelajaran hendaknya menumbuhkan harga diri dan keyakinan
D. Pembelajaran hendaknya berfokus pada kebutuhan dan minat siswa
61. Menurut Maslow,
mengusahakan keterjaminan finansial melalui asuransi atau dana pensiun
merupakan salah satu contoh dari....
A. kebutuhan fisik
B. kebutuhan akan rasa aman
C. kebutuhan harga diri secara penuh
D. kebutuhan aktualisasi dri
B. kebutuhan akan rasa aman
C. kebutuhan harga diri secara penuh
D. kebutuhan aktualisasi dri
62. Perbedaan antara apa yang dapat dilakukan sendiri (kemampuan
actual) dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan orang yang lebih dewasa
(kemampuan potensial) disebut....
A. Zona Perkembangan
Potensial
B. Zona Perkembangan Actual
C. Zona Perkembangan Internal
D. Zona Perkembangan Proksimal
B. Zona Perkembangan Actual
C. Zona Perkembangan Internal
D. Zona Perkembangan Proksimal
63. Belajar itu tidak hanya menerima informasi dan pengalaman baru
saja, tetapi juga penstrukturan kembali informsi dan pengalaman yang baru.
Pernyataan terbut merupakan konsep belajar menurut....
A. Maslow
B. Arthur Combs
C. Vygotsky
D. Piaget
B. Arthur Combs
C. Vygotsky
D. Piaget
64. Adaptasi belajar berdasarkan pengalaman konkrit di
laboratorium, diskusi dengan teman sekelas, yang kemudian direnungkan dan
dijadikan ide dan pengembangan konsep baru disebut....
A. experience learning
B. examine learning
C. experimental learning
D. exercise learning
B. examine learning
C. experimental learning
D. exercise learning
65. Pembelajarannya dimulai dengan mengenalkan berbagai bangun
datar, dilanjutkan dengan mengenal sifat-sifatnya. Selanjutnya siswa
dibelajarkan hubungan antara bangun datar
yang satu dengan bangun datar yang lain. Hal ini merupakan contoh dari pembelajaran menurut teori....
yang satu dengan bangun datar yang lain. Hal ini merupakan contoh dari pembelajaran menurut teori....
A. Van Hielle
B. Dienes
C. Ausubel
D.Bruner
B. Dienes
C. Ausubel
D.Bruner
66. Seorang guru SD kelas I akan mengajarkan operasi penjumlahan
pada bilangan asli
dengan Teori Bruner. Guru melakukan pembelajaran dengan menyajikan gambar jeruk dipapan tulis, agar siswa memiliki gambaran dari objek. Menurut Bruner, hal ini merupakan contoh penerapan pada tahap....
dengan Teori Bruner. Guru melakukan pembelajaran dengan menyajikan gambar jeruk dipapan tulis, agar siswa memiliki gambaran dari objek. Menurut Bruner, hal ini merupakan contoh penerapan pada tahap....
A. Akurasi
B. Enactive
C. Ikonik
D. Symbolik
B. Enactive
C. Ikonik
D. Symbolik
67. Fenomena belajar yang terjadi seperti cara kerja computer,
yang dimualai dari masukan (input) kemudian proses (procces) dan keluaran (output) merupakan penjelasan dari....
A. Teori Perkembangan
Kognitif Piaget
B. Teori Pemrosesan Informasi Gagne
C. Teori Bruner
D. Teori Bermakna Ausubel
B. Teori Pemrosesan Informasi Gagne
C. Teori Bruner
D. Teori Bermakna Ausubel
68. Siswa menemukan sifat-sifat persegi tanpa bekal pengetahuan sifat-sifat
geometri yang berkaitan dengan segiempat dengan sifat-sifatnya, yaitu dengan
penggaris dan jangka. Dengan alat-alat ini diketemukan sifat-sifat persegi dan
kemudian dihafalkan, Pernyataan tersebut merupakan contoh dari ....
A. belajar dengan ceramah
yang tidak bermakna
B. belajar dengan penemuan yang bermakna
C. belajar dengan ceramah yang bermakna
D. belajar penemuan yang tidak bermakna
B. belajar dengan penemuan yang bermakna
C. belajar dengan ceramah yang bermakna
D. belajar penemuan yang tidak bermakna
69. Seorang matematikawan yang tertarik kepada cara mengajarkan
matematika kepada anak-anak adalah ....
A. Ausebel
B. Piaget
C. Dienes
D. Bruner
B. Piaget
C. Dienes
D. Bruner
70. Menurut Ausubel,
belajar dikatakan menjadi bermakna (meaningful) apabila....
A. infromasi yang akan
dipelajari siswa sesuai kebutuhan siswa
B. informasi yang akan dipelajari disusun sesuai dengan struktur kognitif siswa
C. informasi yang akan dipelajari bergantungan satu sama lain
D. informasi yang akan dipelajari disusun sesuai kecerdasan intelegensi siswa
B. informasi yang akan dipelajari disusun sesuai dengan struktur kognitif siswa
C. informasi yang akan dipelajari bergantungan satu sama lain
D. informasi yang akan dipelajari disusun sesuai kecerdasan intelegensi siswa
71. Mengasosiasikan Ibu kota negara RI dengan Jakarta, 17 Agustus
dengan hari ulang tahun negara Indonesia, 2 × 3 dengan bilangan 6 merupakan
contoh penerapan dari....
A. Teori Pembiasaan
Asosiasi Dekat oleh Gutrie
B. Teori Pengkondisian Operan oleh Skinner
C. Teori Koneksionisme oleh Thorndike
D. Teori Pengkondisian oleh Pavlov
B. Teori Pengkondisian Operan oleh Skinner
C. Teori Koneksionisme oleh Thorndike
D. Teori Pengkondisian oleh Pavlov
72. Yang bukan termasuk fase dalam teori pengkondisian klasik
adalah....
A. fase akuisisi
B. fase generalisasi
C. fase eliminasi
D. fase akurasi
B. fase generalisasi
C. fase eliminasi
D. fase akurasi
73. Berikut merupakan tokoh-tokoh aliran behaviorisme, kecuali....
A. Pavlov
B. Thorndike
C. Bruner
D. Skinner
B. Thorndike
C. Bruner
D. Skinner
74. Urutan periode proses berpikir manusia yang dikemukakan oleh
Jean Piaget adalah....
A. sensori motor, pra
operasional, operasi formal, operasional
konkrit
B. sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasi formal
C. pra operasional, sensori motor, operasi formal, operasional konkrit
D. pra operasional, sensori motor, operasional konkrit, operasi formal
B. sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasi formal
C. pra operasional, sensori motor, operasi formal, operasional konkrit
D. pra operasional, sensori motor, operasional konkrit, operasi formal
75. Di bawah ini merupakan tahapan-tahapan belajar matematika
menurut Dienes, kecuali....
A. permainan yang
menarik (interesting games)
B. permainan yang menggunakan aturan (games)
C. permainan mencari kesamaan sifat (searching for comunalities)
D. permainan dengan representasi (representation)
B. permainan yang menggunakan aturan (games)
C. permainan mencari kesamaan sifat (searching for comunalities)
D. permainan dengan representasi (representation)
76. Berdasarkan isinya pantun di bawah ini yang merupakan pantun
perpisahan
adalah...
A. Ke hulu memotong pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat belajar
Jangan jadi sesal kemudian
B. Ayam sabung jangan dipaut
Jika ditambat kalah laganya
Asam di gunung ikan di laut
Dalam belanga bertemu juga
C. Anak angsa mati lemas
Mati lemas di air masin
Hilang bahasa karena emas
Hilang budi karena miskin
D. Pucuk pauh delima batu
Anak sembilang di tapak tangan
Biar jauh di negeri satu
Hilang di mata di hati jangan
adalah...
A. Ke hulu memotong pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat belajar
Jangan jadi sesal kemudian
B. Ayam sabung jangan dipaut
Jika ditambat kalah laganya
Asam di gunung ikan di laut
Dalam belanga bertemu juga
C. Anak angsa mati lemas
Mati lemas di air masin
Hilang bahasa karena emas
Hilang budi karena miskin
D. Pucuk pauh delima batu
Anak sembilang di tapak tangan
Biar jauh di negeri satu
Hilang di mata di hati jangan
77. Perhatikan petikan puisi di bawah ini
Kadang-kadang aku benci
Bahkan sampai aku maki
...diriku sendiri
Berdasarkan bentuknya puisi baru di atas disebut....
Kadang-kadang aku benci
Bahkan sampai aku maki
...diriku sendiri
Berdasarkan bentuknya puisi baru di atas disebut....
A. Distikon
B. Terzina
C. Kuint
D. Soneta
B. Terzina
C. Kuint
D. Soneta
78. Perhatikan teks di bawah ini
Kala itu, embusan udara pagi menerpa pipiku, Sejuk rasanya. Aku dan dua
adikku pergi melaksanakan salat Idul Fitri. Kami berangkat ke masjid di desa
yang terletak di Batu Taba, kawasan pinggir danau Singkarak. Semua orang
terlihat bahagia memakai baju baru. Bagaimana tidak, hari ini adalah haru
raya Idul Fitri, hari penuh kemenangan.
Berdasarkan cirinya teks di atas berjenis...
A. Puisi lirik
B. Prosa
C. Drama
D. Puisi
Kala itu, embusan udara pagi menerpa pipiku, Sejuk rasanya. Aku dan dua
adikku pergi melaksanakan salat Idul Fitri. Kami berangkat ke masjid di desa
yang terletak di Batu Taba, kawasan pinggir danau Singkarak. Semua orang
terlihat bahagia memakai baju baru. Bagaimana tidak, hari ini adalah haru
raya Idul Fitri, hari penuh kemenangan.
Berdasarkan cirinya teks di atas berjenis...
A. Puisi lirik
B. Prosa
C. Drama
D. Puisi
79. Perhatikan puisi di bawah ini
Indonesia tumpah darahku
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
Tema puisi di atas adalah...
A. Cinta tanah air, Indonesia
B. Indonesia banyak memiliki pantai
C. Bangga menjadi orang Indonesia
D. Indonesia negara kepulauan
Indonesia tumpah darahku
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
Tema puisi di atas adalah...
A. Cinta tanah air, Indonesia
B. Indonesia banyak memiliki pantai
C. Bangga menjadi orang Indonesia
D. Indonesia negara kepulauan
80. Kamu seperti matahari, bintang raksasa. Penuh cahaya hangat,
Juna berkata
dalam hati dengan tenang.
Gaya bahasa yang digunakan dalam petikan novel di atas adalah...
A. Perbandingan
B. Hiperbola
C. Simile
dalam hati dengan tenang.
Gaya bahasa yang digunakan dalam petikan novel di atas adalah...
A. Perbandingan
B. Hiperbola
C. Simile
D. Perumpamaan
81. Perhatikan petikan cerita di bawah ini.
Suara petir menyambar kencang, diiringi kilatan cahaya yang kuat.
Segera Juna memeluk dan menggendong Mada, membawanya ke teras
belakang. Juna segera membuatkan susu coklat hangat untuk Mada.
Berdasarkan petikan di atas sifat tokoh Juna adalah...
A. manja
B. Sentimentil
C. penyayang
D. penakut.
Suara petir menyambar kencang, diiringi kilatan cahaya yang kuat.
Segera Juna memeluk dan menggendong Mada, membawanya ke teras
belakang. Juna segera membuatkan susu coklat hangat untuk Mada.
Berdasarkan petikan di atas sifat tokoh Juna adalah...
A. manja
B. Sentimentil
C. penyayang
D. penakut.
82. Perhatikan petikan cerita di bawah ini
Tidak ada seorang pun yang kembali ke permukaan. Beberapa hari
kemudian, di tepi Sungai Musi muncullah timbunan tanah menyerupai
sebuah gundukan. Semakin hari, gundukan tanah tersebut semakin lebar,
hingga menjadi sebuah pulau.
Termasuk ke dalam jenis sastra lama apakah, petikan di atas.
A. Legenda
B. Myte
C. Dongeng
D. Mantra
Tidak ada seorang pun yang kembali ke permukaan. Beberapa hari
kemudian, di tepi Sungai Musi muncullah timbunan tanah menyerupai
sebuah gundukan. Semakin hari, gundukan tanah tersebut semakin lebar,
hingga menjadi sebuah pulau.
Termasuk ke dalam jenis sastra lama apakah, petikan di atas.
A. Legenda
B. Myte
C. Dongeng
D. Mantra
83. Berikut
ini yang merupakan karmina adalah....
A. Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu
B. Siapkanlah bekal menjelang wafat
Dengan sebarkan ilmu yang bermanfaat
C. Dan bara kagum jadi api
Di depan sekali tuan menanti
D. Semangat muda, jiwaku muda
Kehendakku harus dapat ditunda!
A. Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu
B. Siapkanlah bekal menjelang wafat
Dengan sebarkan ilmu yang bermanfaat
C. Dan bara kagum jadi api
Di depan sekali tuan menanti
D. Semangat muda, jiwaku muda
Kehendakku harus dapat ditunda!
84. Disebut
apakah petikan puisi di bawah ini.
Satu-satu perasaan
Yang saya rasakan
Satu-satu perasaan
Yang saya rasakan
Hanya dapat saya
katakan
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
A. Mantra
B. Sektet
C. Kuint
D. Himne
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
A. Mantra
B. Sektet
C. Kuint
D. Himne
85. Perhatikan petikan hikayat di bawah ini
“Hai, Aria Tebing, kamu tidak usah banyak alasan. Jika kamu berani, lawan aku.
Aku menantangmu, “teriak Pangeran Serunting.
Berdasarkan petikan di atas sifat Pangeran Serunting adalah...
A. Pemberani
B. Penakut
C. Sombong
D. Penantang
“Hai, Aria Tebing, kamu tidak usah banyak alasan. Jika kamu berani, lawan aku.
Aku menantangmu, “teriak Pangeran Serunting.
Berdasarkan petikan di atas sifat Pangeran Serunting adalah...
A. Pemberani
B. Penakut
C. Sombong
D. Penantang
86. Citraan yang terdapat dalam petikan puisi berikut yang tepat
adalah...
Bertemu
Sutan Takdir Alisjahbana
Sebagai kilat nyinar di kalbu
Sebanyak itu curahan duka
Sesering itu pilu menyayat
A. Penglihatan dan perabaan
B. Gerak dan perabaan
C. Pendengaran dan penglihatan
D. Penglihatan dan gerak
Bertemu
Sutan Takdir Alisjahbana
Sebagai kilat nyinar di kalbu
Sebanyak itu curahan duka
Sesering itu pilu menyayat
A. Penglihatan dan perabaan
B. Gerak dan perabaan
C. Pendengaran dan penglihatan
D. Penglihatan dan gerak
87. Perhatikan petikan puisi berikut
Ibu Kota Senja
Klakson dan lonceng bunyi bergiliran
......
Dan perempuan mendaki tepi sungai kesayangan
Ibu Kota Senja
Klakson dan lonceng bunyi bergiliran
......
Dan perempuan mendaki tepi sungai kesayangan
Di bawah bayangan samar
istana
kajang
O, kota kekasih setelah senja
Bahasa kias yang dicetak miring dalam petikan puisi di atas adalah....
A. Alegori
B. Sinekdoke
C. Perumpamaan
D. Metonimia
O, kota kekasih setelah senja
Bahasa kias yang dicetak miring dalam petikan puisi di atas adalah....
A. Alegori
B. Sinekdoke
C. Perumpamaan
D. Metonimia
88. Sarana retorika hiperbola terdapat dalam kalimat....
A. teriknya sang mentari kau berperang
B. Tubuhmu Kau genggam bambu runcing di tangan kirimu
C. Keringatmu mencucur deras di tubuhmu
D. Di tengah menguapkan bau tanah
A. teriknya sang mentari kau berperang
B. Tubuhmu Kau genggam bambu runcing di tangan kirimu
C. Keringatmu mencucur deras di tubuhmu
D. Di tengah menguapkan bau tanah
89. Isi yang tepat untuk mengisi baris pantun adat yang rumpang
adalah....
Bukan lebah sembarang lebah
Lebah bersarang di buku buluh
....................................................
....................................................
A. Bukan sembah sembarang sembah
Sembah bersarang jari sepuluh
B. Hilang bahasa karena emas
Hilang budi karena miskin
C. Ada lebah di sarang madu
Biar maju ayo bersatu
D. Bukan perintah sembarang perintah
Ini perintah untuk bersatu
Bukan lebah sembarang lebah
Lebah bersarang di buku buluh
....................................................
....................................................
A. Bukan sembah sembarang sembah
Sembah bersarang jari sepuluh
B. Hilang bahasa karena emas
Hilang budi karena miskin
C. Ada lebah di sarang madu
Biar maju ayo bersatu
D. Bukan perintah sembarang perintah
Ini perintah untuk bersatu
90. Perhatikan kutipan cerita berikut
"Hai kelinci, kami tahu bahwa kamu bisa lari cepat, tapi apakah kamu bisa
menghargai juga teman-teman di sekitar mu?" Teriak kura-kura karena kesal.
Berdasarkan kutipan tersebut penggambaran tokoh kelinci dilakukan dengan
teknik....
A. Diceritakan secara langsung
B. Penggambaran lingkungan tokoh
C. Melalui tuturan tokoh lain
D. Penggambaran bentuk fisik
"Hai kelinci, kami tahu bahwa kamu bisa lari cepat, tapi apakah kamu bisa
menghargai juga teman-teman di sekitar mu?" Teriak kura-kura karena kesal.
Berdasarkan kutipan tersebut penggambaran tokoh kelinci dilakukan dengan
teknik....
A. Diceritakan secara langsung
B. Penggambaran lingkungan tokoh
C. Melalui tuturan tokoh lain
D. Penggambaran bentuk fisik
91. Perhatikan petikan cerita berikut
Pada suatu malam Kek Jamali sembahyang Isya di Masjid, selepas sembahyang ia
sempatkan untuk membaca Al-Qur’an, hingga pukul sembilan malam. Dia pulang
dengan berjalan kaki di tengah hujan rintik-rintik kecil. Saat dalam perjalanan
pulang ia melihat seorang pengemis yang meminta-minta dari rumah orang yang
miskin dan yang membuat Kek Jamali terketuk hatinya ialah ketika dia tahu
bahwa orang miskin tersebut mau memberikan sesuatu untuk si pengemis.
Pesan moral yang tepat untuk petikan cerita di atas kecuali....
A. Murah hati
B. Rajin sembahyang di masjid
C. Menjauhi orang miskin
D. Membantu orang lain meski tidak berkecukupan
Pada suatu malam Kek Jamali sembahyang Isya di Masjid, selepas sembahyang ia
sempatkan untuk membaca Al-Qur’an, hingga pukul sembilan malam. Dia pulang
dengan berjalan kaki di tengah hujan rintik-rintik kecil. Saat dalam perjalanan
pulang ia melihat seorang pengemis yang meminta-minta dari rumah orang yang
miskin dan yang membuat Kek Jamali terketuk hatinya ialah ketika dia tahu
bahwa orang miskin tersebut mau memberikan sesuatu untuk si pengemis.
Pesan moral yang tepat untuk petikan cerita di atas kecuali....
A. Murah hati
B. Rajin sembahyang di masjid
C. Menjauhi orang miskin
D. Membantu orang lain meski tidak berkecukupan
92. Perhatikan kutipan cerita di bawah ini.
Desa pegaten yang kecil dibatasi oleh Kali Mundu di sebalah Barat. Bila datang
hujan sungai itu berwarna kuning tanah. Tetapi pada hari-hari biasa air Kali
Mundu bening dan sejuk. Di musim kemarau Kali Mundu berubah menjadi
selokan besar yang penuh pasir dan batu. Orang-orang Pegaten yang
memerlukan air, cukup menggali belik di tengah hamparan pasir. Ceruk yang
dangkal itu akan mengeluarkan air minum yang jernih (Kubah, 1980:32)
Kutipan cerita di atas menunjukkan latar....
A. Tempat
B. Waktu
C. Sosial
D. Spiritual
Desa pegaten yang kecil dibatasi oleh Kali Mundu di sebalah Barat. Bila datang
hujan sungai itu berwarna kuning tanah. Tetapi pada hari-hari biasa air Kali
Mundu bening dan sejuk. Di musim kemarau Kali Mundu berubah menjadi
selokan besar yang penuh pasir dan batu. Orang-orang Pegaten yang
memerlukan air, cukup menggali belik di tengah hamparan pasir. Ceruk yang
dangkal itu akan mengeluarkan air minum yang jernih (Kubah, 1980:32)
Kutipan cerita di atas menunjukkan latar....
A. Tempat
B. Waktu
C. Sosial
D. Spiritual
93. Di bawah ini yang merupakan bentuk drama tradisonal adalah....
A. Sadyakalaning Majapahit
B. Ludruk
C. Bebasari
D. Ramayana
A. Sadyakalaning Majapahit
B. Ludruk
C. Bebasari
D. Ramayana
94. Perhatikan petikan cerpen anak-anak berikut ini.
“Siapa namamu dan tempat tinggalmu di mana?” Tanya beliau pada
Remi. “namaku Remi bu. Dan aku tidak punya tempat tinggal,
keluargaku sudah tidak ada makanya aku bertahan hidup dengan
bekerja sebagai kuli di pasar!”
Mendengar itu, sang wanita paruh baya pun merasa iba. Dia teringat
dengan almarhum suami dan anaknya yang tewas akibat kecelakaan
pesawat. Sang wanita pun kemudian mengangkat Remi menjadi anaknya.
Remi pun menerima tawaran tersebut. Kini dia hidup tenang dengan Ibu
dan kehidupannya yang baru.
Tokoh sang wanita dalam petikan cerpen di atas berdasarkan peranannya
termasuk tokoh....
A. Antagonis
B. Utama
C. Protagonis
D. Tambahan
“Siapa namamu dan tempat tinggalmu di mana?” Tanya beliau pada
Remi. “namaku Remi bu. Dan aku tidak punya tempat tinggal,
keluargaku sudah tidak ada makanya aku bertahan hidup dengan
bekerja sebagai kuli di pasar!”
Mendengar itu, sang wanita paruh baya pun merasa iba. Dia teringat
dengan almarhum suami dan anaknya yang tewas akibat kecelakaan
pesawat. Sang wanita pun kemudian mengangkat Remi menjadi anaknya.
Remi pun menerima tawaran tersebut. Kini dia hidup tenang dengan Ibu
dan kehidupannya yang baru.
Tokoh sang wanita dalam petikan cerpen di atas berdasarkan peranannya
termasuk tokoh....
A. Antagonis
B. Utama
C. Protagonis
D. Tambahan
95. Perhatikan petikan cerita di bawah ini
“Sepasang burung bangau melayang meniti angin berputar-putar tinggi di
langit. Tanpa sekalipun mengepak sayap. Mereka mengapung berjam-jam
lamanya. Suaranya melengking seperti keluhan panjang, Air. Kedua
unggas itu melayang beratus-ratus kilometer mencari genangan air. Telah
lama mereka merindukan amparan lumpur tempat mereka mencari
mangsa: katak; ikan, udang, atau serangga air lainnya.”
Petikan cerita di atas menggambarkan sebuah unsur cerita berupa....
A. Tokoh
B. Latar
C. Penokohan
D. Alur
“Sepasang burung bangau melayang meniti angin berputar-putar tinggi di
langit. Tanpa sekalipun mengepak sayap. Mereka mengapung berjam-jam
lamanya. Suaranya melengking seperti keluhan panjang, Air. Kedua
unggas itu melayang beratus-ratus kilometer mencari genangan air. Telah
lama mereka merindukan amparan lumpur tempat mereka mencari
mangsa: katak; ikan, udang, atau serangga air lainnya.”
Petikan cerita di atas menggambarkan sebuah unsur cerita berupa....
A. Tokoh
B. Latar
C. Penokohan
D. Alur
96. Berikut tahapan-tahapan menulis cerpen, kecuali....
A. Menentukan Tema
Besar
B. Menentukan Ide Cerita
C. Mengembangkan Ide
D. Menentukan amanat yang terkandung
B. Menentukan Ide Cerita
C. Mengembangkan Ide
D. Menentukan amanat yang terkandung
97. Perhatikan petikan cerita di bawah ini
Bangkai-bangkai burung
kesayangan Atik telah kuambil, kukubur
dengan segala dedikasi, kurungan-kurungan telah kubersihkan. Dan aku
teringat, betapa sayang si Atik kepada burung-burungnya. (Burungburung Manyar, 1981:75)
dengan segala dedikasi, kurungan-kurungan telah kubersihkan. Dan aku
teringat, betapa sayang si Atik kepada burung-burungnya. (Burungburung Manyar, 1981:75)
Petikan cerita di atas
menggambarkan sebuah unsur cerita berupa....
A. Tokoh
B. Penokohan
C. Latar
D. Alur
B. Penokohan
C. Latar
D. Alur
98. Roman
yang memiliki tujuan tertentu, seperti propaganda dan indoktrinasi ajaran
tertentu disebut....
A. Roman bertendens
B. Roman sosial
C. Roman sejarah
D. Roman psikologis
B. Roman sosial
C. Roman sejarah
D. Roman psikologis
99. Puisi yang tiap baitnya terdiri atas delapan baris atau disebut
delapan, tiga seuntai disebut....
A. Sektet
B. Septime
C. Oktaf atau stanza
D. Kuint
B. Septime
C. Oktaf atau stanza
D. Kuint
100. Perhatikan puisi di bawah ini!
Kurang pikir kurang
siasat
Tentu dirimu akan tersesat
Barangsiapa tidak sembahyang
Bagai rumah tiada tiang
Tentu dirimu akan tersesat
Barangsiapa tidak sembahyang
Bagai rumah tiada tiang
Termasuk jenis puisi
apakah puisi terebut....
A. Talibun
B. Mantra
C. Syair
D. Gurindam
B. Mantra
C. Syair
D. Gurindam
COBA TES ONLINENYA KLIK DISINI
KUNCI JAWABAN KLIK DISINI
Klik juga artikel lainnya:
Baca juga: LATIHAN ONLINE PKB MODUL B BAGIAN KE-2
Baca juga: Download Latihan Post Test PKB KKA Profesional
Baca juga: DOWNLOAD PROTA REVISI KELAS 5 SD
Baca juga: Download Contoh RPP REVISI 2017
Baca juga : DOWNLOAD RPP KELAS 5 SD/MI REVISI 2017
Baca juga: CEK NUPTK
KUNCI JAWABAN KLIK DISINI
Klik juga artikel lainnya:
Baca juga: LATIHAN ONLINE PKB MODUL B BAGIAN KE-2
Baca juga: Download Latihan Post Test PKB KKA Profesional
Baca juga: DOWNLOAD PROTA REVISI KELAS 5 SD
Baca juga: Download Contoh RPP REVISI 2017
Baca juga : DOWNLOAD RPP KELAS 5 SD/MI REVISI 2017
Baca juga: CEK NUPTK
No comments:
Post a Comment